Fungsi Semen Untuk Pembangunan Yang Kuat

Semen merupakan bahan bangunan yang paling penting untuk pembangunan. Tanpa adanya semen, bangunan tidak akan kokoh. Maka dari itu penjualan semen sedang naik-naiknya di ibu kota dan membutuhkan distributor semen Jakarta. Penduduk kian bertambah dan membuat aktivitas juga meningkat, termasuk aktivitas pembangunan. Membayangkan berapa banyak semen yang dibutuhkan untuk satu semen? Dan, Apa saja fungsi semen hingga banyak dicari orang untk pembangunan?

  1. Semen digunakan untuk pembuatan rumah

Semen yang digunakan untuk membangun rumah adalah jenis semen hidrolis yang biasa digunakan untuk pembangunan rumah.

2. Semen untuk pembuatan saluran irigasi

Karena saluran irigasi membutuhkan bahan yang tahan terhadap panas hidrasi maka semen yang digunakan, semen jenis, semen Portland tipe II, cocok untuk pembuatan saluran irigasi.

3. Semen untuk pembuatan jalan raya

Jalan raya membutuhkan semen yang kuat dan tahan terhadap perubahan cuaca. Karena jalan raya sangat dibutuhkan untuk berbagai mobilitas transportasi.  

4. Semen pembuatan jalan beton

Semen yang digunakan adalah jenis semen portaland tipe I, penggunaan semen ini dibutuhkan untuk cahaya matahari yang stabil.

5. Semen untuk pembuatan jembatan

Untuk membuat jembatan, menggunakan semen Portland tipe V cocok untuk pembuatan jembatan karena mengandung sulfat tinggi, jadi jembatan tidak mudah roboh atau rusak.

Semen adalah Bahan perekat hidraulis yang berfungsi mengikat material lain  contoh; batu, pasir, kerikil. Sehingga menjadikanya satu kesatuan.

Bahan Baku semen sendiri terdiri dari beberapa material seperti; kapur, pasir silika, tanah liat dan pasir besi. Di hal pengecoran, semen menjadi unsur paling penting untuk menentukan kuat struktur beton. Sehingga takaran kuat tekan pada beton bergantung pada jumlah penggunaan semen dalam takarannya. Dari beberapa hal di atas dapat dilihat, peran distributor semen Jakarta sangat dibutuhkan agar semen dapat terus ada dan pembangunan berjalan lancar. Harga semen juga bervariasi mulai dari Rp. 57.000 sampai Rp. 70.000. Harga tidak terlalu mahal, tapi berperan penting dalam pembangunan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *