Perbedaan Antara Asuransi Dan Dana Pensiun Yang Harus Anda Ketahui

Tak setiap orang tahu bahwa untuk mempersiapkan dana di hari tua bisa menggunakan asuransi ataupun dana pensiun. Serta tak semua orang tau bahwa antara asuransi dana pensiun ini memiliki perbedaan. Walaupun sebenarnya kedua-duanya ini dapat menjadi solusi untuk mempersiapkan hari tua. Apa sajakah perbedaannya?. Berikut ini sekilas ulasannya. 

  1. Dana pensiun terbagi menjadi dua jenis

Perbedaan yang pertama yakni dana pensiun terdiri dari dua jenis produk. Produk yang pertama dinamakan produk dana pensiun lembaga keuangan atau yang disingkat DPLK. Produk yang kedua yakni dana pensiun pemberi kerja atau yang disingkat dengan DPPK. Untuk produk DPLK yang berhak mengeluarkan hanyalah perusahaan bank juga asuransi. Kelebihan dari produk DPLK ini yakni terbuka untuk umum sehingga siapa saja dapat mengikutsertakan ke dalam produk yang satu ini. Jadi apabila perusahaan mendaftarkan dana pensiun karyawannya mereka mendapatkan dua pilihan bisa mengikuti program DPLK yang dikelola oleh bank ataupun asuransi. Bisa juga memilih program DPPK dimana pengelolaannya akan dilakukan oleh perusahaan itu sendiri. Sedangkan pada asuransi memiliki berbagai macam jenisnya. Dari asuransi pendidikan hingga asuransi kerja. Semuanya tergantung dengan kebutuhan kita.

  1. Dana pensiun hanya bisa dicairkan setelah pensiun

Perbedaan yang kedua antara asuransi dana pensiun adalah dari pencairan dananya. Dimana pada dana asuransi, dana hanya bisa dicairkan setelah kita pensiun. Sedangkan pada asuransi, dananya dapat diambil sewaktu-waktu dan memiliki fungsi proteksinya. Hal ini sesuai dengan undang-undang nomer 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan. Didalamnya terdapat isi yang berbunyi setiap tenaga kerja akan memiliki hak untuk mendapat jaminan berupa asuransi dan hari tua. Dimana dengan memiliki asuransi, diharapkan setiap tenaga kerja akan mendapatkan dana bantuan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti sakit, kecelakaan kerja atau bahkan meninggal dunia.

  1. Perbedaan fungsi antara dana pensiun dengan asuransi

Dimana asuransi berfungsi untuk mendapatkan penggantian berupa dana terhadap kejadian yang tidak terduga dan tidak diinginkan yang mungkin terjadi kepada seseorang. Sedangkan dana pensiun berfungsi untuk melaksanakan tanggung jawab perusahaan terhadap karyawan yang di PHK ataupun yang sudah pensiun. Hal ini sesuai dengan undang-undang nomer 11 tahun 1992 tentang jenis dana pensiun. Dimana didalamnya terdapat isi bahwa dana pensiun pemberi kerja serta dana pensiun lembaga keuangan yang dikelola secara professional dimana akan diawasi oleh otoritas jasa keuangan atau yang disingkat dengan OJK.

Nah itu adalah beberapa perbedaan mengenai asuransi dana pensiun. Semoga dapat menambah wawasan kita. Dan tentu saja semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Khususnya supaya kita menyiapkan secara dini untuk masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *