Komponen Utama Genset dan Cara Kerjanya

Pasti anda tidak asing dengan mesin yang satu ini. Ya, generator listrik atau genset adalah salah satu mesin yang mampu mengalirkan listrik Ketika terjadi pemadaman listrik. Mesin genset ditemukan oleh Michael Faraday pada tahun 1831 dimana pada saat itu masih sebuah induksi elektromagnetik kemudian seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi kini genset menjadi generator yang modern. 

Bahkan sekarang untuk menemukan generator listrik sangat mudah karena sudah diproduksi secara massal. Lalu, apakah anda pernah memikirkan apa komponen utama genset dan bagaimana cara kerja genset dan dapat menghasilkan listrik

Komponen Utama Genset

Sebagai pengetahuan terdapat 9 komponen utama dari generator genset yaitu mesin sebagai sumber energi, alternatif sebagai penghasil output listrik, tangki bahan bakar untuk menampung bahan bakar, regulator tegangan yang mengatur tegangan keluaran generator, sistem pendingin dan system pembuangan panas, charger baterai, system pelumas untuk memastikan kelancaran operasi mesin dalam waktu lama, panel control sebagai komponen penghubung antara pengguna generator dengan generator itu sendiri dan ruangan / bingkai. Komponen utama ini tidak dapat dipisahkan dari genset agar genset dapat mengoperasikan dengan baik. 

Cara Kerja Genset 

Generator listrik pada umumnya sebuah perangkat yang mengubah energi mekanik  yang didapatkan dari sumber lalu menjadi energi listrik sebagai outputnya. Cara kerja generator modern berdasarkan prinsip induksi elektromagnetik yang ditemukan oleh sang penemu mesin yaitu Michael Faraday. Dimana beliau menemukan aliran muatan listrik dapat diinduksi dengan menggerakkan konduktor listrik di medan magnet. Untuk lebih mudahnya seperti kawat yang berisi muatan listrik. Adanya Gerakan ini akan tercipta perbedaan tegangan antara dua ujung kawat maka bisa menyebabkan muatan listrik mengalir dan menghasilkan arus listrik.

Perlu diingat bahwa genset tidak menciptakan energi listrik tetapi, generator listrik menggunakan energi mekanis yang dipasok sebagai penggerak muatan listrik yang terdapat pada kawat gulungan melalui sirkuit listrik eksternal. Contoh yang mudah dipahami sama seperti mesin air yang bisa mengalirkan air tetapi tidak menciptakan air. Mekanis kerja dari generator listrik tidak jauh berbeda dengan mesin air / pompa air. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *