Pengintegrasian Layanan E-commerce dengan Sistem CRM Adalah Solusi Memuaskan Pelanggan

Seringkali dalam berbelanja secara daring atau online, banyak konsumen atau pelanggan yang mengalami kesulitan ataupun produk yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.  Dalam menangani keluhan dari konsumen, biasanya perusahaan dengan layanan e-commerce mengatasinya melalui media sosial. Namun, ada juga yang sudah memakai sistem bernama CRM, dimana sistem tersebut merupakan integrasi ecommerce dan CRM. Sistem yang biasanya berbentuk aplikasi ini berguna untuk menampung segala keluhan serta saran dari pelanggan. CRM juga berguna untuk mengatasi semua keluhan pelanggan serta menanganinya dengan responsif sehingga pelanggan bisa merasa lebih puas dengan pelayanan diberikan oleh perusahaan e-commerce yang sudah terintegrasi dengan sistem CRM. Namun, banyak yang belum mengetahui apa itu CRM secara detail serta bagaimana fungsinya. Berikut penjelasannya.

CRM merupakan singkatan dari Customer Relationship Management. Dari namanya saja bisa dilihat bahwa CRM ini mempunyai fungsi utama untuk mengelola hubungan antara sebuah perusahaan khususnya perusahaan dengan layanan e-commerce dengan pelanggannya. CRM lebih spesifik dapat berguna untuk memusatkan data pelanggan ke dalam satu platform saja sehingga semua yang ada di perusahaan bisa mengakses informasi tersebut. Data pelanggan yang masuk  berupa kontak, riwayat pembelian, masukan atau keluhan pelanggan otomatis akan terus tersimpan dan pada akhirnya akan mengefisiensi waktu untuk tenaga di bidang administrasi untuk tidak berkali-kali mengentri data.

Ada beberapa manfaat lainnya yang akan diraih dari pengintegrasian sistem CRM ke dalam bisnis e-commerce, di antaranya yaitu meningkatkan loyalitas pelanggan atau konsumen, mengurangi biaya untuk survei pasar, dan mengetahui sasaran bisnis. Dengan semua informasi yang dikumpulkan dari SMS, media sosial, email dan dipusatkan dengan ke sistem CRM, sebuah perusahaan dengan tenaga penjualannya dapat membangun basis pelanggan melalui berbagai cara seperti melalui grup media sosial, web, dan lain-lain. Hal itu juga dilakukan secara konsisten untuk memahami keinginan para pelanggan demi kemajuan perusahaan e-commerce tersebut. Dengan berbekal data-data tersebut, perusahaan e-commerce juga bisa menjadi lebih baik dalam memasarkan produk atau bisa juga digunakan sebagai langkah selanjutnya dalam meningkatkan kualitas pelayanan.

Peran sistem aplikasi CRM terlihat tidak jauh berbeda dengan peran tenaga di bidang hubungan masyarakat dari sebuah perusahaan e-commerce, namun sebenarnya kedua bagian ini cukup berbeda. Aplikasi CRM bertugas untuk mengutamakan pembangunan dan pengoordinasian hubungan dengan pelanggan, sedangkan peran tenaga kerja di bidang humas lebih ke arah pembangunan serta pengelolaan citra perusahaan e-commerce di pandangan pelanggan.

Dari hal-hal yang telah dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa sangat besar manfaat yang akan didapatkan jika sebuah perusahaan dengan layanan e-commerce mengintegrasikan layanannya dengan sistem CRM. Selain bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar, reputasi yang lebih baik juga bisa didapatkan karena bisa mendapatkan masukan secara mudah melalui sistem integrasi ecommerce dan CRM.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *