Fungsi Hormon Luteinizing (LH ) Bagi Wanita

Hallo semua kali ini kita akan membahas seputar hormon, Apa itu hormon ? Hormon merupakan zat-zat kimia yang terdapat dalam tubuh yang berfungsi sebagai yang melangsungkan pengantar antara sel dan antar kelompok sel, contoh hormon yang terdapat pada wanita yaitu hormon luteinizing, apa itu hormon luteinizing dan apa fungsi hormon luteinizing ? Berikut pembahasannya. 

Pengertian Hormon Luteinizing 

 Hormon luteinizing atau yang sering disebut hormon pelutein merupakan hormon yang ada di wanita berfungsi membawa zat genetik CGALHB. 

Fungsi  Hormon Luteinizing 

Fungsi dari hormon luteinizing ( LH ) yaitu dapat memicu ovulasi pada dari ovarium, Hormon LH ini sangat penting dalam pelepasan sel telur yang terjadi pada ovarium karena ovulasi hanya akan terjadi jika kandungan hormon LH yang terdapat dalam tubuh meningkat. Bagi yang sedang menjalankan program kehamilan wajib banget nih menjaga kandungan hormon LH yang terdapat didalam tubuh. 

Ada berbagai cara yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan hormon LH ( Luteinizing hormone ) , berikut cara yang bisa kamu lakukan : 

  1. Menerapkan gaya hidup yang sehat, olahraga yang teratur, pola hidup yang sehat memanglah banyak mempengaruhi dalam kesehatan contohnya olahraga yang teratur dilakukan setiap satu minggu 2 kali atau sekali akan meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, olahraga yang teratur membantu keseimbangan kadar hormon yang terdapat dalam tubuh. 
  2. Mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang, menjaga pola makan mengkonsumsi buah dan sayur. 
  3. Menjaga kebersihan , menjaga kebersihan mulai dari lingkungan rumah dan juga yang terpenting menjaga kebersihan tubuh.

Makanan Yang Berfungsi Meningkatkan Hormon 

Ada beberapa makanan yang dipercaya meningkatkan hormon pada wanita. Berikut contoh makanan yang dapat meningkat hormon pada wanita. 

  1. Sayuran, sayuran mengandung vitamin, zat besi dan serat yang banyak , tak heran jika ada beberapa sayuran yang digunakan sebagai bahan obat contohnya daun sirih digunakan sebagai bahan sabun cuci kewanitaan, back to topic sayuran yang bisa meningkatkan hormon pada wanita antara lain, brokoli dan kubis. 
  2. Kedelai , kedelai sering digunakan dalam pembuatan tempe dan tahu, kedelai mengandung protein nabati yang berfungsi meningkatkan hormon pada wanita, olahan makanan dari kedelai yaitu tempe, tahu, dan kedelai yang dikeringkan . 
  3. Buah kering, buah kering sering dikonsumsi orang-orang  eropa ataupun timur tengah contohnya turki, saudi arabia, karena buah kering mengandung nutrisi, buah kering yang bisa kamu konsumsi yaitu seperti kurma dan kismis. 
  4. Bawang putih, bawang putih dipercaya meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mampu meningkatkan hormon pada wanita, kamu bisa mengolah bawang putih seperti acar bawang putih , ataupun menambahkan pada masakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *